Tanya Jawab

Token
Apakah Token?

Token adalah piranti keamanan yang dapat menghasilkan Kode Rahasia dengan algoritma tertentu agar Nasabah dapat melakukan transaksi finansial dan non-finansial lainnya seperti reset Password, penggantian data pribadi, dan sebagainya melalui Danamon Online Banking. Bank Danamon memberi Anda keleluasaan untuk memilih Token sebagai piranti keamanan yang Anda inginkan, yaitu Perangkat Token atau SMS Token.

Perangkat Token adalah alat yang dapat menghasilkan Kode Rahasia Token yang dapat berupa Challenge Response maupun One Time Password (OTP) sesuai dengan instruksi yang dimasukkan pada Perangkat Token.
Anda harus memasukkan kode Token PIN pada Perangkat Token Anda untuk memulai penggunaannya. Pastikan Anda sudah mengganti Token PIN yang diterima dari Token PIN Mailer dan jangan pernah memberitahukannya kepada orang lain.

SMS Token adalah Kode Rahasia berupa One Time Password (OTP) yang akan dihasilkan pada saat Anda menekan tombol Lanjut pada halaman transaksi di situs Danamon Online Banking. Kode ini akan dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang telah terdaftar. Dengan SMS Token, Anda dapat melakukan transaksi Danamon Online Banking tanpa harus membawa piranti Token.

Nasabah yang sudah memiliki SMS Token tetap dapat mengajukan permintaan untuk memiliki Perangkat Token. Namun, pada saat Perangkat Token diaktifkan, maka SMS Token sebelumnya akan dinon-aktifkan.

Apakah Nasabah harus melakukan registrasi untuk kedua jenis Token tersebut?

Nasabah hanya dapat memilih satu jenis Token.

Bagaimana cara melakukan permintaan Perangkat Token?

Permintaan Perangkat Token dapat dilakukan secara online melalui situs Danamon Online Banking dengan memilih Menu Permintaan Perangkat Token, dan memilih Kota dan Cabang dimana Nasabah mudah menjangkaunya untuk mengambil Token tersebut. Nasabah dapat mengambil Perangkat Token paling cepat satu hari kerja Bank setelah melakukan permintaan Perangkat Token melalui Danamon Online Banking.

Bagaimana cara melakukan Aktivasi SMS Token?

Aktivasi SMS Token dapat dilakukan dengan cara:

  • Nasabah kunjungi Cabang Bank Danamon Konvensional
  • Pilih menu Internet Banking lalu Aktivasi SMS Token pada EDC PINPad
  • Gesek Kartu ATM/Debit pada mesin EDC PINPad lalu masukkan PIN dan No. Ponsel (Pastikan PIN Anda tidak diketahui pihak lain).

Apakah Nasabah harus mengaktivasi Perangkat Token?

Nasabah harus mengisi Formulir Aktivasi dan Deaktivasi Token pada cabang dimana Nasabah mengambil Perangkat Token, dan Bank akan melakukan proses aktivasi. Perangkat Token akan diaktivasi paling lambat dua hari kerja Bank setelah pengambilan Perangkat Token.

Bagaimana jika ponsel yang digunakan untuk menerima SMS Token hilang?

Nasabah harus menghubungi Hello Danamon untuk melakukan blokir SMS Token untuk sementara waktu. Nasabah dapat melakukan perubahan nomor ponsel melalui EDC PINPad di Cabang Danamon. Setelah itu, Nasabah menghubungi Hello Danamon kembali untuk mengaktifkan SMS Token.

Apa yang harus Nasabah lakukan jika Perangkat Token hilang?

Jika Perangkat Token Nasabah hilang segera laporkan ke Hello Danamon atau Cabang Danamon terdekat untuk dilakukan pemblokiran, dan untuk mendapatkan kembali Perangkat Token Danamon yang baru, Nasabah dapat mengunjungi Cabang Danamon terdekat untuk melakukan deaktivasi Perangkat Token lama sebelum mendapat Perangkat Token baru atau melakukan pendaftaran SMS Token.

Apa yang harus Nasabah lakukan jika Perangkat Token rusak?

Nasabah dapat menghubungi Cabang Danamon terdekat untuk mendapatkan penggantian Perangkat Token.

Apakah Bank memberikan garansi atas Perangkat Token?

Bank memberikan garansi satu tahun untuk masa hidup baterai terhitung sejak Perangkat Token diaktivasi oleh Bank, dengan syarat Nasabah harus membawa Perangkat Token lama (dalam kondisi baik secara fisik) ke Cabang untuk mendapatkan penggantian. Nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 untuk penggantian atau telah melampui masa garansi.

Bagaimana jika Perangkat Token Nasabah terkunci, karena tiga kali melakukan kesalahan memasukkan Token PIN?

Nasabah dapat menghubungi Hello Danamon, dan Hello Danamon akan mereset Perangkat Token Nasabah, sehingga Nasabah dapat melakukan transaksi dengan menggunakan Perangkat Token kembali.

Bagaimana jika Nasabah tidak dapat melanjutkan transaksi karena melakukan kesalahan memasukkan Angka Respons Token sebanyak tiga kali berturut-turut?

Nasabah dapat menghubungi Hello Danamon, dan Hello Danamon akan mereset Perangkat Token Nasabah, sehingga Nasabah dapat melakukan transaksi dengan menggunakan Perangkat Token kembali.

Info lebih lanjut hubungi
Hello Danamon
contact